SCM (Supply Chain Management )
Posted by rieka on 05.11 with No comments
Apakah yang dimaksud dengan SCM? Dari sumber yang saya ambil SCM (Supply Chain Management) adalah konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai suplai melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan.
Supply Chain Management (SCM) terdiri dari semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung, dalam memenuhi permintaan pelanggan. Supply chain tidak hanya meliputi produsen dan pemasok, tetapi juga distributor, pergudangan,pengecer dan bahkan pelanggan sendiri.
Didalam SCM(Supply Chain Management) terdapat istilah2 seperti berikut:
Upstream supply chain & Downstream supply
- Rantai Pasokan Hulu/Upstream supply chain
Upstream aktivitas dari supplier ke perusahaan, kegiatan tersebut meliputi pembelian bahan baku dan segala hubungan antara supplier ke perusahaan itu sendiri. Di dalam upstream supply chain, aktivitas yang utama adalah pengadaan.
- Segmen Rantai Pasokan Hilir/Downstream supply chain segment
Downstream aktivitas dari perusahaan ke customer, meliputi kegiatan memperkenalkan dan memasarkan produk kepada customer. Di dalam downstream supply chain, perhatian diarahkan pada distribusi, pergudangan, transportasi, dan after-sales-service.
Pull dan push supply chain
- Push Supply Chain adalah proses yang di prakarsai oleh perusahaan dimana perusahaan yang menentukan semua produk yang akan dihasilkan, pada push supply chain ini di fokuskan pada proses produksi
- Pull Supply Chain adalah proses yang ditentukan oleh customer dimana produk2 yang akan dihasilkan dibuat atas dasar permintaan customer, pada pull supply chain di fokuskan pada kualitas layanan
Categories: E-Business
0 komentar:
Posting Komentar